Aplikasi Inventaris Kantor

1.Pengertian Aplikasi
Aplikasi merupakan suatu perangkat lunak komputer yang memanfaatkan komputer secara langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan sistem perangkat lunak yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tetapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan tugas yang menguntungkan pengguna.
Dalam definisi lain aplikasi adalah penggunaan atau penerapan suatu konsep yang menjadi pokok pembahasan. Aplikasi dapat diartikan juga sebagai program komputer yang dibuat untuk menolong manusia dalam melaksanakan tugas tertentu. Aplikasi software yang dirancang untuk penggunaan praktisi khusus, klasifikasi luas ini dapat di bagi menjadi 2 (dua) yaitu :
1. Aplikasi software spesialis, program dengan dokumentasi tergabung yang dirancang untuk menjalankan tugas tertentu.
2. Aplikasi paket, suatu program dengan dokumentasi tergabung yang dirancang untuk jenis masalah tertentu.

2. Pengertian Barang Inventaris, Lokasi, Mutasi, Pemeliharaan, Penempatan, Pengadaan, Pengkodean dan Sumber Barang Inventaris.
1. Pengertian Barang Inventaris
Barang inventaris adalah seluruh barang yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah yang penggunaannya lebih dari satu tahun dan dicatat serta didaftarkan dalam buku inventaris. Barang milik daerah adalah semua kekayaan daerah baik yang dibeli atau dipeloleh atas beban anggaran Pendapatan dan Belanja daerah maupun yang berasal dari perolehan lain yang sah seperti sumbangan atau pemberian, hadiah, donasi, wakaf, hibah, kewajiban orang ketiga dan sumbangan pihak lain baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak beserta bagian-bagiannya ataupun yang merupakan satuan tertentu yang dapat dinilai, dihitung, diukur, atau ditimbang termasuk hewan dan tumbuh-tumbuhan kecuali uang dan surat-surat berharga lainnya.
2. Pengertian Lokasi Barang Inventaris
Lokasi barang inventaris adalah dmana tempat berada barang inventaris, suatu tempat dimana barang inventaris yang berupa barang bergerak maupun barang tidak bergerak.
3. Pengertian Mutasi Barang Inventaris
Mutasi barang terjadi karena bertambah dan berkurang.Bertambah, dapat disebabkan karena Pengadaan baru karena pembelian, Adanya sumbangan, wakaf atau hibah, enyewaan, Perubahan peningkatan kuantitas. Berkurang, dapat disebabkan :Rusak/hilang, Dihibahkan/atau disumbangkan atas keputusan rapat, Di jual atau ditukartambahkan atas dasar keputusan rapat pimpinan
4. Pengertian Pemeliharaan Barang Inventaris
Pemeliharaan barang inventaris merupakan kegiatan atau tindakan agar semua barang selalu dalam keadaan baik dan siap untuk digunakan secara berdayaguna dan berhasil. Pemeliharaan dilakukan terhadap barang inventaris yang sedang dalam unit pemakaian, tanpa merubah, menambah dan mengurangi bentuk maupun konstuksi asal, sehingga dapat dicapai pendayagunaan barang yang memenuhi persyaratan baik dari segi unit maupun dari segi keindahan.
5. Pengertian Penempatan Barang Inventaris
Penempatan merupakan kegiatan untuk melakukan pengiriman barang dari gedung ke unit kerja. Fungsi penempatan barang inventaris adalah untuk penyelenggaraan pengurusan pembagian atau pelayanan barang secara tepat, cepat dan teratur sesuai dengan kebutuhan. Kegiatan penempatan adalah menyelenggarakan penyaluran barang kepada unti kerja, menyelenggarakan administrasi penempatan dengan tertib dan rapi.
6. Pengertian Pengadaan Barang Inventaris
Pengadaan barang milik daerah dilaksanakan oleh panitia atau pejabat pengadaan dengan tujuan tertib administrasi pengadaan barang daerah, tertib administrasi pengelolaan barang daerah, pendayagunaan barang daerah secara maksimal sesuai dengan tujuan pengadaan barang daerah dan tercapainya tertib pelaksanaan penatausahaan barang daerah.
7. Pengertian Pengkodean Barang Inventaris
Setiap barang inventaris diberi label pemilik dan nomor kode barang serta pengelompokannya disesuaikan dengan barangyang ada. Semua barang inventaris daerah yang dikuasai dan menjadi tanggung jawab instansi yang bersangkutan harus memberi kode barang.
8. Pengertian Sumber Barang Inventaris
Semua barang atau jasa barang inventaris berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan penerimaan barang yang berasal dari sumbangan dan kewajiban dari pihak ketiga.

3. Fungsi Barang Inventaris
Adanya buku inventaris yang lengkap, teratus, dan berkelanjutan mempunyai fungsi dan peranan yang sangat penting dalam rangka :
1. Pengendalian, pemanfaatan, pengamanan dan pengawasan setiap barang.
2. Usaha untuk menggunakan memanfaatkan setiap barang secara maksimal sesuai dengan tujuan dan fungsinya masing-masing.
3. Menunjang pelaksanaan tugas pemerintah.

4 komentar:

BoWo mengatakan...

info sangat menarik gan...

Ganda "gamo scarlet" mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Ganda "gamo scarlet" mengatakan...

Thanks Gan...

dismanto mengatakan...

Institusi perlu memiliki software Inventaris kantor untuk mengelola aset, karena sebagai aset untuk menggerakkan roda perusahaan/institusi.

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Pengikut

Free Download Softwares REMO-XP

Search Engine Video

Type Artist Name - Song Title Free Search Engine Video 3GP

Share it

Indomp3

Free Software

Free Blogger Templates

Ada kesalahan di dalam gadget ini

One Manga

The Original Japanese Name Generator by Shu

Gratisan

Your IP and Google Map location

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Diberdayakan oleh Blogger.